Siaran Indonesia?? Oh no -.-”

Setiap kali menyaksikan acara-acara yang ditayangkan melalui siaran Indonesia, saya merasa kecewa. Mengapa? Kebanyakan acara di Indonesia sungguh seragam dan kurang beragam. Dari apa yang saya amati, acara yang di tayangkan di beberapa siaran Indonesia bisa dikategorikan sebagai berikut;

Berita
Ini adalah acara yang paling berbobot. Namanya aja berita. Tapi dalam kasus televisi Indonesia, berita malah ditayangkan berlebihan jumlahnya. Banyak acara dengan unsur berita aktual, tapi malah memiliki isi yang sama dengan berita lainnya hanya saja nama dan penyampaiannya berbeda. Jadi apakah alasan bagi saya untuk menghabiskan waktu menyaksikan sesuatu yang sama berkali-kali?

Gosip
Gosip tentunya 100% tidak ada gunanya bagi kehidupan kita. Mungkin ada beberapa orang yang mengatakan “ ‘kan aku jadi bisa belajar dari kesalahan para selebriti. ” Meskipun begitu, apakah mengisi pikiran anda dengan hal-hal yang negatif dari kehidupan selebriti dapat membuat kehidupan anda semakin baik? Jikalau saya menjadi anda, saya tentunya akan mengisi pikiran saya dengan hal-hal yang positif dan itu berarti saya harus menghindari siaran seperti ini.

Sinetron
Acara di televisi sebenarnya adalah sebuah hiburan namun akan lebih baik lagi jika hiburan itu mengandung nilai-nilai moral yang positif. Saya senang menyaksikan siaran semacam ini dari negara tetangga kita, yaitu Singapura. Mereka menyebut acara semacam ini sebagai “drama”. Drama yang mereka tayangkan kebanyakan singkat (20 episode umumnya) namun nilai-nilai positif yang dimasukkan lebih banyak dari sinetron Indonesia yang mencapai 100 lebih episode.

Singkat cerita, “4 dari 5 acara Indonesia tidak berharga untuk ditonton”

Leave a Reply

